5 Ketentuan yang Harus Anda Ketahui: SCADA, DCS, PLC, RTU, dan Smart Instrument

Serupa, tetapi tidak sama

Artikel teknis ini menjelaskan terminologi yang digunakan di bidang SCADA dan otomasi industri. Istilah SCADA, sistem kontrol terdistribusi (DCS), programmable logic controller (PLC), unit terminal jarak jauh (RTU) dan smart instrument sangat penting ketika kita berbicara tentang konsep sistem telemetri industri.

Mari kita menjelaskan lima istilah ini:

  1. SCADA
  2. Distributed control system (DCS)
  3. Programmable logic controller (PLC)
  4. Remote terminal unit (RTU) and
  5. Smart Instrument

1. Sistem SCADA

Sistem SCADA (atau supervisory control and data acquisition) berarti sistem yang terdiri dari sejumlah Remote Terminal Units (atau RTU) yang mengumpulkan data lapangan yang terhubung kembali ke stasiun induk melalui sistem komunikasi.

Stasiun induk menampilkan data yang diperoleh dan juga memungkinkan operator untuk melakukan tugas-tugas kendali jarak jauh.

Data yang akurat dan tepat waktu (biasanya real-time) memungkinkan untuk optimasi operasi pabrik dan proses . Manfaat selanjutnya adalah operasi yang lebih efisien, andal, dan yang paling penting, lebih aman. Ini semua menghasilkan biaya operasi yang lebih rendah dibandingkan dengan sistem non-otomatis sebelumnya.

Ada tingkat kebingungan yang adil antara definisi sistem SCADA dan process control system. SCADA memiliki konotasi operasi jarak jauh atau jarak jauh.

Pertanyaan yang tak terhindarkan adalah seberapa jauh ‘jarak jauh’ – biasanya ini berarti jarak jauh sehingga jarak antara lokasi pengontrol dan lokasi terkontrol sedemikian rupa sehingga kontrol kabel langsung tidak praktis (yaitu tautan komunikasi adalah komponen penting dari sistem).

Instalasi SCADA yang sukses tergantung pada pemanfaatan teknologi yang terbukti dan andal, dengan pelatihan yang memadai dan komprehensif dari semua personel dalam pengoperasian sistem.

Ada sejarah sistem SCADA yang gagal – faktor-faktor yang berkontribusi pada sistem ini termasuk integrasi yang tidak memadai dari berbagai komponen sistem,
kompleksitas yang tidak perlu dalam sistem, perangkat keras yang tidak dapat diandalkan dan perangkat lunak yang tidak terbukti.

Saat ini keandalan perangkat keras tidak terlalu menjadi masalah, tetapi meningkatnya kompleksitas perangkat lunak menghasilkan tantangan baru.

Harus dicatat secara sepintas bahwa banyak operator menilai sistem SCADA tidak hanya oleh kelancaran kinerja RTU, tautan komunikasi, dan stasiun induk (semuanya jatuh di bawah payung sistem SCADA) tetapi juga perangkat lapangan (baik transduser dan perangkat kontrol).

Namun perangkat lapangan berada di luar ruang lingkup SCADA dalam manual ini dan tidak akan dibahas lebih lanjut. Diagram dari sistem SCADA khas diberikan di bawah ini.


Gambar 1 – Diagram dari sistem SCADA