Kontrol motor
Sistem distribusi daya yang digunakan dalam aplikasi komersial dan industri besar bisa jadi rumit. Daya dapat didistribusikan melalui switchgears, switchboard, transformer, dan panelboards:

Dasar-dasar Pusat Kontrol Motor – SIEMENS (pada foto: Pusat Kontrol Motor Baru dan papan distribusi daya hingga 7000 ampere)

Daya yang didistribusikan ke seluruh aplikasi komersial atau industri digunakan untuk berbagai aplikasi seperti pemanasan, pendinginan, penerangan, dan mesin yang digerakkan motor.

Kontrol Motor Dasar
Di mana pun motor digunakan, mereka harus dikontrol.

Kontrol motorik dasar
Dalam Dasar-Dasar Komponen Kontrol Anda belajar bagaimana berbagai produk kontrol digunakan untuk mengontrol operasi motor.

Jenis kontrol motor AC yang paling dasar, misalnya, melibatkan menghidupkan dan mematikan motor . Hal ini sering dilakukan dengan menggunakan motor starter yang terdiri dari kontaktor dan relay yang kelebihan beban.
Kontak kontaktor ditutup untuk memulai motor dan dibuka untuk menghentikan motor. Ini dilakukan secara elektromekanis dengan menggunakan tombol tekan start dan stop atau perangkat pilot lainnya yang terhubung untuk mengontrol kontaktor.

Relai beban berlebih melindungi motor dengan memutuskan daya ke motor ketika kondisi kelebihan beban ada. Meskipun relai berlebih memberikan perlindungan dari kelebihan beban, relai tidak memberikan perlindungan hubung singkat untuk daya suplai kabel ke motor. Untuk alasan ini, pemutus sirkuit atau sekering juga digunakan.

Biasanya satu motor starter mengendalikan satu motor. Ketika hanya beberapa motor AC yang tersebar secara geografis yang digunakan, perlindungan sirkuit dan komponen kontrol dapat ditempatkan di panel dekat motor.

Pusat Kontrol Motor (MCC)
Dalam banyak aplikasi komersial dan industri, beberapa motor listrik diperlukan, dan seringkali diinginkan untuk mengendalikan beberapa atau semua motor dari lokasi pusat. Alat yang dirancang untuk fungsi ini adalah pusat kendali motor (MCC).

Motor Control Centers hanyalah pengelompokan fisik dari starter kombinasi dalam satu rakitan.

Starter kombinasi adalah selungkup tunggal yang berisi starter motor, sekering atau pemutus sirkuit, dan perangkat untuk memutuskan daya.

Perangkat lain yang terkait dengan motor, seperti tombol dan lampu indikator juga dapat disertakan.