Cara memasang Instalasi kabel pada handel pemindah Listrik PLN dan Genset

Bagaimana cara Instalasi Listrik dari Genset dan PLN dengan menggunakan Handel manual?
Gambar Rangkaian Kabel Handel pemindah listrik PLN ke Genset sendiri?
Bagaimana Cara yang benar untuk memasang Kabel-kabel Handel pemindah listrik PLN ke Genset di rumah?
Bagaimana Cara memasang Handel listrik PLN dan Genset?

Bagi anda yang menggunakan Listrik PLN dan Genset di rumah, tentunya menggunakan Handel untuk memindahkan listrik dari PLN ke Genset, lalu bagaimana cara memasang Handel tersebut?

Pada umumnya listrik yang ada di rumah-rumah kita berasal dari listrik PLN, namun sebagian orang ada juga yang menyediakan Genset sendiri dengan tujuan agar saat Listrik dari PLN padam, Genset tersebut dapat dinyalakan untuk menggantikan Listrik PLN yang padam.

Saat Listrik dari PLN padam, maka Genset tersebut kita nyalakan dan dialirkan ke rumah dengan bantuan Handel pemindah listrik dari PLN ke Genset.

Handel pemindah aliran listrik dari PLN ke Genset dipasang agar Listrik dari PLN dan Genset tidak bertabrakan dan terjadi Korsleting, karena Listrik dari PLN dan Genset memiliki perbedaan tegangan.

Saat Listrik PLN padam kemudian Genset dinyalakan dan listrik dari genset tersebut dialirkan ke rumah, namun dikhawatirkan saat PLN tiba-tiba menyala maka akan mengakibatkan Listrik PLN dan Genset berjumpa dan mengakibatkan Korsleting.

Handel pemindah PLN ke Genset harus dipasang dengan benar, agar tidak terjadi korsleting saat listrik PLN dan Genset menyala bersamaan.
Cara Memasang Handel pemisah PLN dan Genset
Lalu, bagaimana cara yang benar untuk memasang kabel listrik PLN dan Genset pada Handel tersebut?

Berikut ini cara memasang kabel listrik PLN dan Genset yang benar dan aman, agar tidak terjadi korsleting meski Listrik dari PLN dan Genset menyala bersamaan.

Cara memasang Kabel Handel pemindah Listrik PLN dan Genset

Gambar rangkaian kabel instalasi Handel pemindah PLN ke Genset

Panduan pemasangan Handel:
• Sebelum memulai pekerjaan pemasangan handel dan kabel-kabelnya, hal pertama yang harus anda lakukan adalah padamkan seluruh sumber listrik baik dari PLN maupun dari Genset.
• Pada Handel tersebut tersedia 3 bagian pemasangan kabel, yang masing-masing terdiri dari dua atau tiga baut terminal. (anda dapat memasang dua kabel saja, satu baut teminal dibiarkan kosong dan dapat digunakan jika terminal lain ada yang rusak, namun jika satu kabel dipindah, maka kabel lainnya juga harus dipindah dan disejajarkan.
• Bagian baut terminal kabel yang di barisan tengah untuk pemasangan kabel listrik yang menuju ke instalasi listrik di rumah anda.
• Bagian Baut terminal kabel bagian atas dan bagian bawah digunakan untuk memasang kabel listrik yang berasal dari PLN dan Genset, anda dapat memasang kabel listrik dari PLN di bagian atas dan kabel dari Genset dibagian bawah, atau bisa juga sebaliknya.
• Pastikan pemasangan kabel sejajar antara kabel fasa dan kabel Netral dari masing-masing bagian, jika pada bagian tengah terminal kita pasang posisi kabel fasa di sebelah kanan dan netral di bagian kiri, begitu juga dengan kabel terminal untuk fasa dan netral baik dari PLN maupun dari genset.
Sebagai contoh:
• Jika kabel fasa yang menuju ke instalasi rumah dipasang di sebelah kanan dari terminal bagian tengah, maka kabel fasa dari PLN dan kabel fasa dari Genset juga harus dipasang disebelah kanan pada masing-masing terminal, dan kabel netral dipasang disebelah kiri pada masing-masing bagian terminal Handel.
• Pastikan pemasangan seluruh kabel sudah terpasang dengan benar dan kencang (tidak longgar).
• Pastikan semua kabel sudah terpasang dengan benar dan kencangkan, sebelum listrik dinyalakan kembali.

Catatan:
Jika anda merasa ragu untuk memasang sendiri handel tersebut, sebaiknya anda meminta bantuan teknisi listrik yang berpengalaman untuk memasangnya.