7 CARA AMAN MENGGUNAKAN LISTRIK DI RUMAH ANDA

Saat ini peralatan rumah tangga di setiap rumah sudah bergantung pada penggunaan listrik. Listrik sangat penting untuk melakukan aktifitas di rumah. Namun, dalam penggunaannya Anda harus tetap berhati-hati jika tidak ingin celaka.

Perhatikan hal-hal penting di bawah ini dalam penggunaan listrik yang benar di rumah Anda:

1.    Ikuti buku petunjuk penggunaan

Pahami dan pelajari penggunaan peralatan listrik pada buku panduannya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2.    Perhatikan daya listrik

Dalam penggunaan peralatan listrik kita harus memperhatikan daya yang sesuai dengan daya listrik rumah kita. Karena penggunaan listrik yang melebihi kapasitas daya yang terpasang berpotensi dapat menyebabkan kebakaran. Untuk melihat daya yang dipakai untuk setiap peralatan, dapat kita lihat di body alat atau kardus tempat penyimpannannya.

3.    Hati-hati saat menyalakan atau mematikan peralatan listrik

Perhatikan kondisi stopkontak saat akan mencabut atau mematikan peralatan listrik dan jangan mendahului mematikan peralatan listrik dari stopkontak langsung sebelum alat listrik itu dimatikan sebelumnya. Hal ini untuk mencegah munculnya bunga api yang mungkin berpotensi dapat menyebabkan kebakaran.

4.    Beri sedikit ruang di sekitar peralatan listrik

Setiap peralatan listrik yang kita pakai dapat menimbulkan energi panas di sekitarnya, oleh karena itu jangan letakan peralatan listrik di tempat yang tertutup karena komponen di dalamnya mengeluarkan energi panas yang dapat menyebabkan peralatan listrik terbakar bahkan tidak dapat digunakan lagi.

5.    Jangan sentuh peralatan listrik jika tangan basah

Jika tangan Anda basah jangan sekali-kali mencoba untuk memegang peralatan listrik yang sedang menyala karena tangan yang basah mengandung air. Air merupakan penghantar listrik baik yang dapat menghantarkan arus listrik.

6.    Jangan meletakan peralatan listrik dekat bahan kimia

Hindari meletakan bahan kimia didekat peralatan listrik karena bahan kimia dapat memicu terjadinya kebakaran. Bahaya kimia tersebut seperti obat nyamuk / cairan pembasmi serangga dan minyak tanah.

7.    Matikan peralatan listrik jika sedang mati lampu

Jika rumah Anda mengalami mati listrik, cepat matikan peralatan listrik yang sebelumnya menyala. Mungkin beberapa peralatan listrik membutuhkan daya yang besar saat pertama kali dinyalakan sehingga dikhawatirkan listrik akan kembali mati jika menyalakan peralatan listrik tersebut. Penggunaan peralatan listrik yang berputar dan berpemanas juga bisa mencederai penghuni jika menyala tiba-tiba.

Dengan memperhatikan hal-hal penting di atas semoga dapat membantu Anda agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. 

Sumber: www.SafetySign.co.id

By Fitriyana Suhendi, Scriptwriter.